Minggu, 26 Juli 2009

GPS Tracking untuk Pemilik Kendaraan Pribadi

Seperti diketahui bersama, pada saat ini GPS Tracking sudah banyak digunakan baik untuk pribadi maupun perusahaan dengan berbagai maksud & tujuan yang biasanya untuk monitoring lokasi/keberadaan kendaraan, anggota keluarga atau aset bergerak lainnya.

Pada kesempatan ini saya hanya ingin membahas untuk penggunaan Pribadi, dimana pengaplikasian GPS Tracking secara pribadi berdasarkan pengalaman saya kebanyakan untuk keperluan:
  • Keamanan (Dimana dengan adaya alat ini kendaraan dapat dipantau keberadaannya dimanapun berada sejauh masih mendapatkan sinyal GSM/GPRS)
  • Untuk memonitor keberadaan anggota keluarga misalnya Anak terutama yang masih sekolah.
Kharakteristik pengguna GPS ini biasanya ingin menggunakan media untuk mengetahui keberadaan kendaraan atau anggota keluarganya secara praktis atau tidak merepotkan misalnya harus melalui PC yang tidak setiap saat dapat dijangkau. Untuk kepraktisan ini HP (Handphone) adalah media yang paling tepat untuk digunakan.
Namun tidak semua GPS dapat memberikan fasilitas ini secara jelas karena rata-rata GPS hanya dapat memberikan informasi koordinat saja sehingga harus diterjemahkan kedalam peta misalnya melalui Google Earth sehingga menjadi tidak praktis lagi, dan kalaupun bisa terdapat berbagai kelemahan misalnya response/jawaban lokasi pada saat diminta terkadang lambat sehingga informasi sudah basi.

Kelemahan-kelemahan tersebut dapat diatasi oleh salah satu pabrikan GPS Tracking dari Finlandia dengan merk Tramigo. Bagaimana Tramigo dapat memecahkan problem tersebut??
Yaitu dengan menyediakan Landmark Data (LD). LD adalah database titik-titik lokasi ( yang mudah dikenali oleh masyarakat secara umum, misalnya Nama Gedung/Perkantoran, Mall, Pasar, Sekolah, Masjid, Pom Bensin dll) yang mana titik-titik tersebut semuanya dilengkapi dengan data alamat/nama jalan dan koordinatnya. LD disimpan didalam Tramigo itu sendiri, dan oleh karenanya apabila pemilik ingin tahu lokasi kendaraan/anggota keluarga cukup mengirimkan SMS dan Tramigo akan membalasnya berupa alamat LD terdekat, misalnya sbb:

B1234KH: Moving, 0.73 km N of Adisucipto International Airport, Yogyakarta, ID, -7.78354, 110.44122, W with speed 58 km/h, 15:22 Jul 18


Informasi tersebut dapat dibaca sbb:
  1. Moving : tanggal 18 Juli kendaraan sedang bergerak
  2. 0,73 km N of Adisucipto International Airport : ppd tanggal etrsebut kendaraan berada 730m sebelah utara bandara Adisucipto.
  3. -7.78354, 110.44122, koordinat (dapat juga menggunakan model dms/derajat)
  4. W, kendaraan bergerak ke arah barat
  5. Speed 58 km/h, kecepatan 58km/jam

Satu unit Tramigo dapat memuat hingga 7000 LD, dan kelebihannya lagi pemilik dapat menambahkan LD sendiri hingga 250 LD sehingga user dapat memasukkan alamat rumah, kantor ataupun alamat-alamat lain untuk memudahkan pemantauan.

Kelebihan lain Tramigo adalah :
  • LD dapat dikustomisasi (syarat dan ketentuan berlaku)
  • Bekerja pada Type HP dan Merk apa saja karena menggunakan SMS biasa
  • Dilengkapi dengan software M1 yang dapat diinstal di HP tipe tertentu (berbasis Symbian ataupun Java) sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pemantauan
  • Ukuran kecil dan dilengkapi dengan battery yang tahan sd 2 hari, sehingga bisa dibawa-bawa seperti HP.
  • Bisa diseting untuk mengirimkan laporan lokasi secara otomatis misalnya setiap 10 menit sekali (waktu) atau setiap 10km sekali (jarak).
  • Dapat menggunakan simcard/provider GSM apa saja.
  • Tidak ada biaya langganan ke kami, karena anda langsung membayarkan biaya SMS pemakaian ke provider anda sendiri.
Jadi tidak perlu repot untuk dapat memonitor keberadaan kendaraan/anggota keluarga anda. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi sidik27@gmail.com.




2 komentar:

  1. Sudahkah pernah menghitung2 biaya SMS?
    1 x sms = Rp 100 (rata2)
    setiap hari anggap 10 sms = Rp 1000
    1 bulan = Rp 30.000
    Bandingkan dengan GPRS Rp 5/kB (paling mahal)
    15 detik x 8 jam/hari (rata2 operasional) x 30 hari x Rp 5 = ???
    Kalau alat rusak, tidak bisa balas sms, kita bisa tahu posisi terakhir dari record.
    Vendor mahal? Silakan cek Elyez untuk layanan gratis tracking posisi biasa doang.

    BalasHapus
  2. Dear Elyez,

    Secara cost memang biaya sms lebih mahal dibandingkan dengan gprs, tetapi salah satu kelebihan sms adalah jangkauan lebih luas dibanding gprs, di Jakartapun gprs kadang2 diarea tertentu tidak ada koneksi gprs. Sekarang biaya sms dalam 1 operator biayanya juga makin murah, bahkan kadang-kadang dapat sms gratis dalam jumlah tertentu perhari.

    Kalau alat rusak dimanapun ya gak bisa kirim informasi, nah Tramigo juga dilengkapi oleh aplikasi M1 Fleet sehingga history data tersimpan di PC. Aplikasinya gratis dan tidak dishare dengan yang lain karena berbasis windows.
    Satu lagi kelebihan Tramigo adalah anda cukup kirim sms dr HP, tidak perlu koneksi internet/browser untuk lihat posisi. Dan Anda cukup melakukan sms apabila anda ingin tahu lokasi atau informasi lain dari gps anda.

    BalasHapus